KARTINI DAY

*KARENA KARTINI MENULIS*

R.A. Kartini menulis sebagai sarana mengekspresikan ide – idenya. Kartini menulis surat – surat yang berisi gejolak, pemikiran serta visinya tentang emansipasi perempuan. Lantas surat itu dibukukan dengan judul *HABIS GELAP TERBITLAH TERANG*
Meneer Abendanon yang telah mempopulerkan pemikiran sang putri Jepara.

Sebuah pencapaian dalam bidang intelektual di tengah keterbatasan sarana dan prasarana yang ada saat itu.

R.A. Kartini telah memilih mengekspresikan idenya melalui sebuah tulisan. Dan menulis adalah ekspresi ide yang paling cerdas, sistematis, efisien dan awet.

Meskipun Kartini telah tiada, warisan ide-ide tersebut masih sangat berdenging. Karena *MENULIS* maka ide- ide Kartini terbaca oleh publik. Dan oleh karenanya pula R A. Kartini diakui eksistensinya sebagai ideolog dalam masalah emansipasi wanita, khususnya di tanah Jawa.

Tentu tanpa alasan, jika pemerintah menetapkan tanggal kelahiran R.A. Kartini sebagai hari Kartini. Salah satunya barangkali adalah agar *perempuan Indonesia* mengambil semangat belajar Kartini dengan mengekspresikan ide dengan *MENULIS*.

Maka tidak ada kata terlambat bagi generasi Milenia SMA N 1 Batur ,terutama kaum perempuan untuk memulai mengekspresikan ide warisan R.A.Kartini *DENGAN MENJADI GENERASI LITERAT*

catatan: diambil dari sari tulisan by Afifah Afra
Dikutip dari Fb ibu LINOVIA KARMELITA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *